Bantuan Alat Pertanian Mesin Diharapkan Sangat Bisa Membuat Kinerja Pertumbuhan Tanaman Lebih Cepat

Bantuan Alat Pertanian Mesin Diharapkan Sangat Bisa Membuat Kinerja Pertumbuhan Tanaman Lebih Cepat

Berita Terbaru – Pertolongan fasilitas serta prasarana dari Kementerian Pertanian, berbentuk alat mesin pertanian (alsintan), semestinya dapat memaksimalkan pemercepatan pertanaman di Garut, Jawa Barat. Pertolongan dari Direktorat Jenderal Prasarana serta Fasilitas Pertanian (PSP) Kementan itu ialah berbentuk 10 unit alsintan, yang terbagi dalam 2 traktor, 5 unit pompa air, 3 unit kultivator.

Bantuan Alat Pertanian Mesin Diharapkan Sangat Bisa Membuat Kinerja Pertumbuhan Tanaman Lebih Cepat

Untuk perkebunan, pertolongan diberi berbentuk benih peremajaan kopi serta hooler, sedang untuk pertolongan pangan ialah corn sheller serta power threser. “Ada 3 Ditjen yang memberi pertolongan, yakni PSP, Tanaman Pangan serta Perkebunan,” jelas Dirjen PSP Kementan, Sarwo Edhy, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Jika sampai kini, fasilitas untuk pertanian belum mencukupi untuk alsintan, karena itu adanya kebijaksanaan Bupati Garut, akan ada brigade spesial untuk memaksimalkan peranan alsintan. Brigade alsintan yang diprogramkan Kementan dipandang akan menolong beberapa petani, sebab untuk memudahkan sewa pinjam alsintan.

Sarwo menjelaskan, petani disilahkan manfaatkan alsintan yang tersimpan di Dinas Pertanian atau Kodim ditempat. Petani tinggal membuat surat permintaan lewat kombinasi barisan tani (gapoktan) di daerah semasing. “Di Brigade Alsintan ada beberapa alat pertanian kekinian, seperti traktor roda dua, traktor roda empat, transplanter (penanam), pompa air, serta ekskavator atau backhoe, serta semua dalam keadaan baik,” papar Sarwo.

Menurut dia, alsintan itu diberikan Kementan untuk menolong petani dalam wujudkan swasembada tanam. Berkaitan proses peminjaman, petani tinggal bekerjasama dengan Distan atau Babinsa, dengan membuat surat permintaan yang berisi peminjaman alsintan lewat gapoktan. “Proses peminjaman itu untuk menegaskan siapa yang bertanggungjawab atas peminjaman. Silahkan membuat surat lewat gapoktan. Jika alsintan yang disebut ada atau sedang tidak digunakan petani lain, langsung bisa digunakan,” ujarnya.

Selain itu, Kabid Sumber Daya Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Deni Herdiana menerangkan, alsintan dana dari APBD II memiliki bentuk tidak hibah, tetapi asset dinas yang diurus brigade alsintan. Ke depan akan dibuat perbengkelan serta pergudangan, dengan memiliki bentuk Kerja Skema Operasional (KSO),. Mengenai operasional perbengkelan itu diurus oleh brigade alsintan. Maksudnya ialah untuk pelihara asset serta memaksimalkan alsintan, untuk menghindarkan beberapa hal negatif dari barisan tani. Petugas brigade alsintan datang dari dinas petugas lapangan, serta nanti akan masukkan teknisi dari barisan tani yang akan dilatih jadi operator alsintan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *