Apple Meyakini Chip A13 Bionic Buatan Mereka Tercepat Di Era Sekarang

Apple Meyakini Chip A13 Bionic Buatan Mereka Tercepat Di Era Sekarang

Berita Terbaru – Apple baru-baru ini meluncurkan trio iPhone paling baru untuk tahun 2019 dengan nama iPhone 11, iPhone 11 Pro, serta iPhone 11 Pro Max. Ke-3 smartphone terbaru dari Apple itu diberi dengan chip paling baru hasil rekayasa mereka sendiri, yakni A13 Bionic. Chip ini diklaim oleh Apple jadi System-on-Chip (SoC) dengan processor (CPU) serta pengolah grafis (GPU) paling cepat yang sudah pernah ada pada smartphone. Bahkan juga, saat perilisan hp iPhone 11, perform chip A13 Bionic dibanding dengan perform deretan System-on-Chip (SoC) sebagai dapur picu ponsel-ponsel Android saat ini. Slide presentasi Apple menunjukkan perform CPU serta GPU A13 Bionic di iPhone 11 jauh melewati perform Galaxy S10 Plus (Snapdragon 855), Huawei P30 Pro (Kirin 980), serta Google Piksel 3 (Snapdragon 845).

Apple Meyakini Chip A13 Bionic Buatan Mereka Tercepat Di Era Sekarang

Perform GPU A13 Bionic punya iPhone 11 diklaim lebih baik dibanding semua hp flagship Android smartphone lainnya. Selain itu, dibanding chip Apple sebelumya, A12 Bionic di iPhone XR, kapasitas CPU serta GPU A13 Bionic kelihatan bertambah. Walau demikian, tidak disebut dengan detil berapakah % persisnya beda kapasitas di antara Apple A13 Bionic dengan ke-3 hp flagship Android tadi.

Apple cuma tampilkan grafik batang yang seakan memperlihatkan gap kapasitas cukup jauh, tetapi sebenarnya belym pasti semacam itu. Machine learning serta irit daya Chip A13 Bionic, menurut Apple, mengangkat beberapa penambahan dibandingkan produk sebelumnya, terhitung dalam soal machine learning untuk pemrosesan AI serta efisiensi daya. Pada segi potensi machine learning, A13 Bionic diberi dengan dedicated machine learning accelerators yang berperan untuk percepat proses AI. Apple mengaku A13 mampu lakukan sampai 1 triliun operasi per detik.

“Ini jadikan iPhone 11 Pro jadi basis machine learning paling baik yang berada di smartphone,” kata Vice President of Silicon Engineering Apple, Sribalan Santhanam, di panggung peluncuran iPhone 11 di Cupertino, AS, Selasa (10/9/2019) pagi waktu ditempat. Diluar itu, chip A13 Bionic disebutkan mempunyai efisiensi daya yang tinggi. Santhanam mengaku jika SoC itu adalah chip yang paling irit daya di industri smartphone. A13 Bionic ini dapat irit daya karena dibikin dengan tehnologi fabrikasi 7 nanometer (nm) generasi ke-2 dengan jumlahnya transistor sampai 8,5 miliar.

Design arsitekturnya sendiri masih sama dengan generasi atau versi sebelumnnya, yakni masih diberi dengan enam buah core CPU yang terbagi dalam dua pokok berkemampuan tinggi serta empat pokok irit daya. Walau demikian, CPU yang tertanam di A13 Bionic sendiri diklaim lebih kencang sampai 20 % dibandingkan generasi sebelumnya, tetapi malah lebih irit daya sampai 40 %. Chip ini diberi dengan GPU empat inti yang performnya disebut 20 % lebih baik serta 40 % lebih irit daya juga bila dibanding dengan produk pendahulunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *