Ini Dia Tiga Mitos Di Masyarakat Perihal Mata Minus Yang Masih Di Yakini

Ini Dia Tiga Mitos Di Masyarakat Perihal Mata Minus Yang Masih Di Yakini

Berita Terbaru – Mata memang salah satu organ dalam tubuh kita yang memiliki peran serta fungsi yang vital. Namun mata menjadi salah satu organ tubuh kita juga yang secara cepat bisa alami penurunan performa. Salah satu masalah mata yang sering kali di alami oleh orang pada umumnnya adalah mata minus.

Ini Dia Tiga Mitos Di Masyarakat Perihal Mata Minus Yang Masih Di Yakini

Mata minus atau miopia (rabun jauh) adalah permasalahan mata yang lumayan banyak terkena di golongan beberapa anak sampai remaja. Biasanya permasalahan ini berkembang dari beberapa rutinitas. Dari pemicu itu lah mulai tumbuh mitos-mitos mengenai mata minus yang sampai saat ini masih diakui.

Dr Jovina See, direktur klinis Shinagawa Eye Center, juga angkat bicara berkaitan mitos-mitos serta salah paham sekitar mata minus pada beberapa anak ini, dikutip dari Asia One.

Yang pertama adalah Melihat beberapa hal berwarna hijau bisa kurangi atau menahan mata minus

Menurut beberapa pakar, pemicu mata minus pada anak ialah lakukan pekerjaan dalam tempo lama serta intensif yang dikerjakan dari dekat. “Memandangi pohon-pohon hijau memang tidak menolong kurangi atau mengubah (menyembuhkan) miopia. Tetapi itu membuat kita untuk ambil interval untuk lihat ke terlalu jauh serta karena itu bisa menolong menahan perubahan miopia,” papar Dr See. Dia memberikan tambahan, berdasar studi, penambahan kegiatan di luar ruang serta paparan cahaya matahari bisa membuat perlindungan mata dari minus.

Yang kedua adalah “Jangan membaca di tempat gelap, jangan membaca di mobil, melihat TV harus dari jarak jauh”

Semua pekerjaan ini umumnya membuat satu orang fokus pada beberapa benda dekat dalam tempo lama, yang tingkatkan peluang meningkatkan mata minus. “Sepanjang jarak yang pas dipertahankan serta ambil beberapa interval atau istirahatkan mata, pekerjaan ini tidak mengakibatkan miopia bertambah,” kata Dr See. “Tetapi, bila lihat anak Anda membaca buku dengan benar-benar dekat atau melihat TV benar-benar dekat, coba tegur mereka,” sambungnya.

Yang ketiga adalah Tidur awal untuk menahan mata minus

Tidak ada bukti ilmiah yang tunjukkan jika tidur lebih dini bisa menolong menahan mata minus, kata Dr See. Tapi sebab banyak anak yang tidur larut sebab bermain gadget, mitos ini sebetulnya tidak salah. Karena, lihat monitor gadget dengan intensif dalam jarak dekat untuk waktu yang lama bisa jadi memperburuk miopia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *