Kembali Pisang Raja Sumatera Mendapat Sokongan Koneksi Pasar Dari Kementan

Kembali Pisang Raja Sumatera Mendapat Sokongan Koneksi Pasar Dari Kementan

Berita Terbaru – Baru baru ini Kementrian Pertanian kembali melakukan hal yang menakjubkan untuk memajukan pasar pertanian di indonesia. Baru baru ini Kementerian Pertanian lewat Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika mengadakan panen pisang raja di Kecamatan Luhak, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat, Minggu (13/10/2019).”Kesempatan kali ini, kami menggandeng PT. Kiniko untuk lakukan panen bersama-sama dan lihat kekuatan komersialisasinya,” tutur Kepala Balai Riset Buah Tropika Ellina Mansyah ke area Minggu siang kemaren.

Kembali Pisang Raja Sumatera Mendapat Sokongan Koneksi Pasar Dari Kementan

Ellina menjelaskan, riset serta komersialisasi ini dikerjakan jadi salah satunya output dalam membuahkan varietas unggul berbasiskan tehnologi hebat. Usaha ini sudah membawa hasil yang bagus, yaitu mengembangnya Pisang Raja Kinalun.

“Pisang ini ialah varietas unggul yang memiliki keunggulan toleransi pada serangan penyakit layu bakteri serta fusarium. Buah pisang Raja Kinalun yang masak prima serta telah dipanen bisa disimpan sampai 24 hari,” tuturnya.

Ellina menerangkan, jika jangan meremehkan potensi yang dimiliki pisang, pisang ini benar-benar pas jadikan produk olahan serta bahan baku industri seperti tepung pisang. Sedang untuk nilai berat serta kualitas, satu tandan pisang ini mempunyai 8-9 sisir dengan berat rata-rata sampai 12-18 kg.

“Jadi, tiap sisir pisang ini terbagi dalam 12-14 buah dengan panjang 10-14 cm. Sesaat dengan keselurahan, keseluruhan pisang ini sekitar 100-105 buah per tandan,” tuturnya.

Menurut Ellina, untuk step awal peningkatan pisang ini sudah ditanam sekitar 200 rumpun serta mulai membuahkan beberapa kualitas unggul. Meskipun begitu, perubahan pisang ini masih terhalang oleh kurangnya akses pasar.

“Karenanya, pemercepatan komersialisasi butuh dikerjakan, diantaranya lewat interferensi dengan menyambungkan petani dengan aktor pasar dalam soal ini dengan PT. Kiniko. Perusahaan ini sudah populer lama serta sudah sukses dalam komersialisasi beberapa produk olahan pertanian,” tegasnya.

Perlu diketahui, dalam jalankan upayanya perusahaan Kiniko langsung bekerja bersama dengan Dinas Pariwisata Propinsi Sumatera Barat. Sekarang, perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Salimpaung ini jadi salah satunya tujuan wisata Sumatera Barat sebab ada di atas tinggi permukaan laut dengan cuaca sejuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *