Ternyata Tingkah Laku Makhluk Hidup Bisa Terpengaruh Oleh Badai Matahari

Ternyata Tingkah Laku Makhluk Hidup Bisa Terpengaruh Oleh Badai Matahari

Berita Terbaru – Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi tingkah laku manusia. Salah satunnya Badai Matahari. Badai matahari rupanya dapat memengaruhi tingkah laku makhluk hidup yang berada di Bumi. Ilmuwan barusan temukan hubungan di antara badai matahari dengan tingkah laku paus yang bermigrasi.

Ternyata Tingkah Laku Makhluk Hidup Bisa Terpengaruh Oleh Badai Matahari

Berdasar penemuan mereka, badai matahari dapat mengakibatkan paus untuk tersesat serta terdampar waktu musim migrasi. Penemuan ini disibak di pertemuan Society for Integrative and Comparative Biology di Austin, Texas, AS beberapa waktu lalu.

Dikutip wartawan dari Ruang, Selasa (14/1/2020)untuk riset ini, beberapa ilmuwan konsentrasi pada paus bermigrasi seperti paus abu-abu. Paus tipe ini kemungkinan memakai magnetoreception atau potensi untuk mengetahui medan magnet Bumi untuk navigasi.

Tiap tahunnya, paus abu-abu bermigrasi dari perairan Baja, Meksiko ke perairan yang lebih dingin di Laut Bering serta Chukchi dekat Alaska. Migrasi ini umumnya berjalan dari bulan Maret sampai Juni. Sepanjang perjalanannya, satu atau dua paus dapat tersesat serta terdampar ditengah-tengah jalan. Tersesatnya paus dapat dikarenakan banyak unsur, tapi ilmuwan yakin perkembangan pada medan magnet Bumi dapat juga memengaruhi.

Beberapa ilmuwan mencatat jika masalah ini bisa dikarenakan oleh bintik matahari serta gelombang radio tingkat tinggi yang dipancarkan oleh badai matahari di Bumi.

“Ada sisi besar dalam tenggang gelombang frekwensi radio (RF) yang dapat sampai Bumi. Serta sudah diperlihatkan di sejumlah spesies jika suara RF dapat mengganggu potensi tujuan magnetik,” kata penulis penting studi yang pakar biofisika konservasi, Jesse Granger.

Untuk mengetes penemuannya, beberapa ilmuwan menganalisa data terdamparnya paus abu-abu di pesisir barat AS waktu musim migrasi dari tahun 1985-2018. Data tunjukkan jika paus abu-abu yang masih terbilang muda serta sehat juga dapat tersesat serta terdampar.

Sesudah rujukan silang data yang ada dengan riwayat badai matahari yang berlangsung di Bumi, ilmuwan temukan jika banyak paus abu-abu condong tersesat saat ada frekwensi radio yang tinggi serta bintik matahari yang menghajar Bumi. “Paus jadi seringkali terdampar saat matahari lakukan beberapa hal edan,” pungkas Granger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *